TINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH, KPU DEMAK BENTUK RELASI

KPUDEMAK. Jum’at (18 September 2020). Jelang Pemungutan Suara 9 Desember 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Demak membuka pendaftaran bagi Relawan Demokrasi (Relasi) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak Tahun 2020.

Pengumuman pendaftaran Relasi dimulai tanggal 16 sampai 18 September 2020 sedangkan penerimaan berkas pendaftaran dimulai tanggal 16 sampai 19 September 2020 di Kantor KPU Kabupaten Demak Jl. Kyai Turmudzi No.1 Demak. Seleksi Administrasi dilakukan tanggal 20 September 2020 dan pengumuman hasil seleksi administrasi tanggal 21 September 2020.

Siti Ulfaati, M.S.I selaku Komisioner KPU kabupaten Demak divisi sosialisasi, Parmas, SDM dan Kampanye menyampaikan bahwa untuk mencapai target partisipasi pemilih tingkat nasional sebesar 77,5%, KPU Kabupaten Demak membentuk Relawan Demokrasi atau Relasi.

“Relasi merupakan mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten. Relasi akan menjadi pioneer demokrasi dalam basis-basis tertentu sehingga mampu meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih”. Kata Ulfa

“Ada 25 Relasi yang akan kita tetapkan. 25 Relasi tersebut akan kita bagi ke dalam 5 basis yaitu basis pemuda, basis perempuan, basis keagamaan, basis Disabilitas dan Basis Marginal & keluarga”. Tegas Ulfa

Calon Relasi yang lolos di seleksi administrasi akan dilakukan seleksi wawancara dan praktek pada tanggal 26 September 2020. Pengumuman hasil seleksi wawancara tanggal 28 September 2020. Sedangkan Pengukuhan dan Bimtek Relasi dilaksanakan tanggal 3 Oktober 2020.

Ada beberapa syarat Relasi dalam Pilbup Demak 2020 ini yang berbeda dengan Pilbup sebelumnya.  Salah satunya adalah Relasi harus membuat paparan dalam bentuk Power Point berisi rencana program dalam meningkatkan Partisipasi Pemilih dalam Pilbup Demak 2020 tentunya sesuai dengan basis pilihan. Selain itu Relasi harus memiliki minimal 3 (tiga) akun medsos yang terdiri dari FB, Youtube, Instagram dengan follower/friend sebanyak minimal 200 orang.

“Di era Pandemi Covid seperti ini kita sangat membutuhkan Relasi yang visioner, cakap, berkomitmen, melek digital dan tentunya mampu melakukan sosilasi baik secara langsung maupun tak langsung. Relasi juga harus mampu mengaktualisasikan ide-ide kreatif melalaui konten yang edukatif yang disebarkan melalui media sosial ataupun berita online”.

Kpu Demak

Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya...!!!

Mungkin Anda juga menyukai