BIMBINGAN TEKNIS PENDAFTARAN, VERIFIKASI DAN PENETAPAN PARTAI POLITIK CALON PESERTA PEMILU TAHUN 2019

WBKpu Demak Kab. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Demak akan segera membuka pendaftaran partai politik calon peserta pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019.  Masa pendaftaran tersebut dibuka mulai besok hari, Selasa (3/10/2017) sampai dengan Senin (16/10/2017) mendatang.

“KPU Demak membuka pendaftaran parpol calon peserta pemilu selama 14 hari kalender, terhitung mulai Selasa besok hingga Senin 16 Oktober 2017, jadi hari libur pun tetap buka”, Hal itu disampaikan oleh Moh.Asroni pada acara Bimbingan Teknis Pendaftaran, Verifikasi Dan Penetapan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 di Hotel Amantis, senin 2 Oktober 2017.

Jam pendaftaran dimulai sejak pukul 08.00-16.00 WIB untuk hari pertama sampai hari ke-13. Sedang untuk hari ke-14, jam pendaftaran akan dibuka mulai pukul 08.00-24.00 WIB.

Pendaftaran dilakukan dalam empat tahap yakni tahap pendaftaran, penelitian administrasi, verifikasi dan penetapan peserta Pemilu 2019.

Tak cuma itu, parpol juga wajib menyerahkan kelengkapan dokumen antara lain daftar nama anggota, fotokopi KTP anggota, kartu tanda anggota, serta surat keterangan anggota parpol.(CBS13)

KPU DEMAK LAUNCHING “KEDAI PINTAR PEMILU”

jokKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak me-launching kedai pintar pemilu dan sosialisasi Undang- Undang Pemilu kemarin, Selasa (8/8), di halaman Kantor KPU Demak. Kedai merupakan akronim dari Kelana Demokrasi yang di dalamnya berisi semua informasi soal pemilu

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Bupati Demak HM. Natsir, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Edi Suntoro, SE, Kepala Bagian Hukum Moh Ridhodhin, SH. MM, ketua KPU Kabupaten Demak dan Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, dan masyarakat umum.

Dengan diresmikan Kedai Pintar Pemilu diharapkan bisa dijadikan sebagai salah satu sarana sosialisasi kepada masyarakat dan wahana belajar kepemiluan dan demokrasi bagi masyarakat Kabupaten Demak serta menjadi museum mini pemilu dan salah satu destinasi wisata demokrasi dan kepemiluan di Kabupaten Demak yang dapat diakses semua kalangan.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Demak Mahmudi, S.Ag. M. Fil. menyatakan bahwa saat ini Kedai Pintar Pemilu masih perlu dilengkapi. “Kami sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin memberi kontribusi di Kedai Pintar Pemilu. Bahkan kami mengundang masyarakat untuk aktif lewat diskusi rutin ataupun memberikan saran dan kritiknya,” tegas Mahmudi.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Drs. Joko Purnomo didampingi para undangan. Kemudian peserta berbondong-bondong memasuki ruangan yang didesain sebagai tempat belajar pemilu dan demokrasi.

“Di dalamnya terdapat tiga ruang diantaranya, ruang display dan perpustakaan yang berisi berbagai menu informasi tentang pemilu, ruang audio visual dan diskusi di mana pengunjung bisa menyaksikan berbagai video yang berkaitan dengan kegiatan kepemiluan dan ruang simulasi yang disediakan bagi pengunjung untuk melaksanakan simulasi pemungutan suara,” jelas Mahmudi.(CS13)

Kunjungan Kerja Komisi A DPRD Jateng

11
Ketua KPU Demak menyerahkan Buku Laporan Penyelenggaraan Pilbup Demak 2015 kepada Ketua Komisi A DPRD Jawa Tengah.

Demak (19/04) Komisi A DPRD Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja di Kantor KPU Kabupaten Demak dalam rangka Evaluasi Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015, kunjungan tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi A diikuti oleh Anggota Komisi A beserta Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Sosialisasi Peraturan KPU Tentang Verifikasi Parpol Peserta Pemilu Tahun 2014

KPU Demak (Rabu,15/8/2012) selenggarakan sosialisasi Peraturan KPU tentang Verivikasi Parpol Peserta Pemilu Tahun 2014 kepada steakholder pemilu yang terdiri dari perwakilan Parpol dan Pemerintah Daerah. Materi disampaikan langsung oleh Ketua Pokja Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2014 M. Asroni, SH, MH. Terkait dengan waktu pendaftaran dan penyerahan berkas disampaikan bahwa KPU bekerja penuh waktu menerima mulai tanggal 10 Agustus 2012 s/d  7 September 2012 (kecuali 17-22 Agustus  2012 Libur Hari Raya)(dms).

Lomba Cipta Jingle Pilgub Jateng 2013

Penyelenggaraan Pemilu Gubemur dan Wakil GubemurJawa Tengah Tahun 2013 (Pilgub Jateng 2013) merupakan konsekuensi Indonesia sebagai negara demokratis dan implementasi otonomi daerah dimana masyarakat mempunyai hak untuk memilih pemimpinnya secara langsung.
Penyelenggaraan Pilgub Jateng 2013 merupakan kesempatan bagi masyarakat Provinsi J awa T engah yang memenuhi syarat untuk menimbang dan memilih pasangan calon Pilgub Jateng 2013 sebagai Gubemur dan Wakil Gubemur Jawa Tengah terpilih untuk masa bakti 2013 2018.
Oleh karenanya, maka masyarakat Jawa Tengah yang memenuhi syarat diajak untuk menggunakan hak pilih guna memilih pemimpin yang mampu memperhatikan kebutuhan masyarakat, memberi rasa nyaman dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Jawa Tengah ke arah yang lebih baik. Pilihan yang terbaik tersebut akan mempunyai dampak positif pada perkembangan masyarakat J awa T engah 5 tahun ke depan.
Sebagai konsekuensi maksud tersebut maka penyelenggaraan Pilgub Jateng 2013 disusun dan diatur dalam sebuah tahapan Pilgub J ateng 2013 mulai dari Persiapan, Pelaksanaan hingga Penyelesaian. Tahapan Pilgub Jateng 2013 wajib disosialisasikan KPU Jawa Tengah kepada masyarakat, peserta Pilgub dan pemangku kepentingan lainnya guna keberhasilan
penyelenggaraan Pilgu b J ateng 2013.
Jingle Pilgub Jateng 2013 adalah nada pendek yang digunakan dan persiapkan guna membantu sosialisasi penyelenggaraan Pilgu b J at eng 2013 secara massif dan meluas kepada masyarakat, peserta Pilgub dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga gampang dan mudah diingat masyarakat.
Dengan jingle tersebut, masyarakat berharap Penyelenggaraan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2013 akan muncul sosok pemimpin Jawa Tengah yang Kredibel dan Berkualitas. Sehingga jingle tersebut menjadi bahan sosialisasi yang sangat efektif dan diterima seluruh masyarakat J awa T engah.

Penandatanganan Pakta Integritas KPU Kabupaten Demak

KPU Demak – Jumat, 13 Juli 2012 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Demak melaksanakan penandatangan Pakta Integritas bagi Komisioner dan sekretariat disaksikan oleh Ketua MUI Kab Demak dan LSM Masyarakat Peduli Bangsa Kabupaten Demak. (Dafidh)

REKAPITULASI HASIL PENGHITUNGAN SUARA PILBUP DEMAK TAHUN 2011 DI TINGKAT KABUPATEN

[slideshow]

TERKAIT tahapan Pilbup Demak setelah dilakukannya rekapitulasi penghitungan hasil suara tingkat kecamatan antara tanggal 7-9 Maret 2011, maka KPU Demak segera pula malakukan Rekapitulasi hasil tingkat Kabupaten. Bertempat di Gedung Paripurna DPRD (12/3/2011) acara dapat berlangsung tertib, aman dan lancar. Adapun hasil dari rekapitulasi tingkat kebupaten dapat dilihat melalui alamat link berikut: http://wp.me/P1kuin-1X. (Dafidh)

Pengembalian Kotak dan Bilik ke KPU Demak

Usai pelaksanaan pemungutan suara di TPS dan pelaksanaan Rekapitulasi Suara tingkat Kecamatan, KPU Kabupaten Demak menerima kembali Kotak dan Bilik Suara. Tampak digambar, seorang tenaga lepas sedang menurunkan bilik dari truck untuk ditata kembali di Gudang KPU Demak (7/2/2011). (Dafidh)

Ruang IT Hitung Sementara Pilbup Demak 2011

Suasana ruang IT Perhitungan Sementara Pilbup Demak Tahun 2011 (6/2/2011), KPU Demak bekerjasama dengan WIDZNETWORK melakukan perhitungan sementara pelaksanaan Pilbup Demak Tahun 2011, dalam pelaksanaan tersebut, perolehan suara sementara hingga pukul 22.15 (1. Tafta-Dachirin: 242.878 (72,94%); 2. Saidah-Haryanto: 47.937 (14,46%); 3. Nadjib-Azzah: 29.102 (8,74%); 4. Maryono-Purnomo: 13.050 (3,92%). (Dafidh)

Penertiban Atribut Kampanye

Dengan berakhirnya masa kampanye Paslon Pilbup Demak 2011 dan memasuki masa tenang yang dimulai tanggal 3 hingga 5 Maret 2011, Panwas Kada beserta Satpol PP mulai menertibkan atribut-atribut kampanye dalam Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Demak. Tampak digambar Satpol PP menurunkan baliho salah seorang paslon. (Dafidh)

Pengiriman Kotak Suara ke Kecamatan

Mulai tanggal 28 Februari hingga 1 Maret 2011, KPU Demak mulai mendistribusikan kotak suara ke 14 Kecamatan. Tampak dalam gambar PPK dan Sekretariat PPK Kec. Wonosalam menerima dan kemudian mengelompokkan Kotak Suara Pilbup Demak 2011 per TPS Desa. (Dafidh)

Sosialisasi Dinamika Pemilih Ke Forum Mahasiswa Demak

Bertempat di Balai Desa Kalicilik (28/2/2011), Komisioner KPU Kabupaten Demak Machmud Suwandi, S.Ag memberikan paparan terkait dinamika Pemilu Bupati dan Waki Bupati Demak Tahun 2011. Dalam Sosialisasi kepada Forum Mahasiswa Demak tersebut dijelaskan terkait pentingnya partisipasi berdemokarsi dalam hal ini Pilbup Demak, selain itu di jelaskan pula cara memberikan suara yang benar di TPS (Tempat Pemungutan Suara), serta mengenalkan para pasangan calon Pilbup Demak. (Dafidh)

Debat Paslon Pilbup Demak Tahun 2011

[slideshow]

Mranggen 26/2/2011 – Untuk memberikan wawasan seputar visi, misi, dan program Paslon kepada pemilih, KPU Kabupaten Demak menyelenggarakan Debat Pasangan Calon Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Demak secara Live di Studio TVRI Jawa Tengah pukul 19.30 waktu setempat. Debat berjalan dengan meriah dimana para pendukung pasangan calon setiap jeda acara saling berbalas  yel-yel, begitu pula dengan para pasangan calon, mereka saling mengadu visi, misi, dan program mereka dengan menjawab setiap pertanyaan dari ketiga panelis. Ketiga panelis tersebut adalah Prof. Ir. Eko Budiharjo (pakar tata kota), M.Sc, Prof. Dr. Hj. Wuryanti Koentjoro, MM  (pakar ekonomi) dan Much. Yulianto, S.Sos, M.Si (pakar komunikasi politik dan kebijakan publik). (Dafidh)

Sortir Surat Suara Pilbup Demak 2011

Seorang tenaga sortir surat suara dalam Pilbup Demak tampak sedang membawa kayu kecil yang berfungsi sebagai alat untuk melipat surat suara, selain melipat surat suara, tenaga sortir juga mengecek kembali kondisi surat suara apakah surat suara tersebut baik atau rusak (26/2/2011). (Dafidh)