DSC00035

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Demak memberikan pembekalan kepada 25 relawan demokrasi (relasi), kemarin, di aula kantor tersebut. Dalam kegiatan itu, para relasi mendapatkan pembekalan mengenai berbagai hal tentang pemilu legislative 2014. Sebagai nara sumber adalah para Komisioner KPU Kabupaten Demak, yakni Jessy Tri Joeni S.Tr, MM, Asroni, SH M.H, Bambang Setya Budi, S.Pd.I dan Hastin Atas Asih, SE.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Pemantauan dan Hubungan Antar Lembaga, Hastin Atas Asih, SE menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai langkah awal untuk memberikan bekal pengetahuan tentang kepemiluan serta ketrampilan berkomunikas bagi relasi. Beberapa materi yang disampaikan antara lain mengenai pemahaman tugas pokok dan fungsi relasi, lembaga penyelenggara pemilu, tahapan-tahapan pemilu dan criteria hak pilih dalam pemilu.

Dia menambahkan, pembekalan dikemas dengan metode BRIDGE (Building Resources in Democracy, Governance and Electionih dites (Membangun Sumberdaya Demokrasi, Pemerintahan dan Kepemiluan). “Dengan metode ini, kami ajak para peserta untuk lebih aktif, kita buat kelompok-diskusi, dan rol play. Harapannya, materi yang kami sampaikan dapat lebih mudah dipahami oleh para relasi,” tambahnya.

Terkait program relawan demokrasi, lanjut Hastin, merupakan gerakan social yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Para relasi ini ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi untuk beberapa komunitas, meliputi komunitas  keagamaan, perempuan, disabilitas, marginal dan pemilih pemula. (*)

Leave a Comment