DSCI0387

Kecintaanya terhadap dunia politik telah mengantarkan sosok Jessi Tri Joeni, S.Tr, MM menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Demak. Ayah tiga putra yang memiliki hobi olahraga dan membaca ini, mengaku sangat menikmati tugasnya sebagai penyelenggara pemilu. “Meski banyak tantangan dalam menjalankan tugas ini, namun saya laksanakan dengan enjoy. Dengan cara seperti ini, semua terasa lebih ringan, dan bekerja juga terasa nyaman,” ujarnya.

Pria kelahiran Semarang yang sebelumnya menjadi dosen di sebuah PTS Maritim di Semarang ini menyampaikan, banyak tantangan variatif yang dihadapinya selama menjabat sebagai komisioner KPU kabupaten. Seperti tuntutan kesiapan dalam melaksanakan setiap tahapan pemilu, kecakapan dalam mengurai berbagai persoalan, keberanian dalam mengambil keputusan, serta kemampuan berkomunikasi publik. “Banyak hal-hal baru yang saya dapatkan dari bidang tugas saya yang sekarang. Jika dulu saya berhadapan dengan mahasiswa, sekarang saya berhadapan dengan berbagai stakeholder yang memiliki karakter berbeda. Ini menjadi tantangan serta  pelajaran yang sangat berharga bagi saya ,”jelas Jessi yang dua periode menjabat sebagai anggota KPU Kabupaten Demak itu.

Jessi mengatakan, dalam menjalankan tugasnya dia selalu menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dan rule of the game yang mana dalam pelaksanaannya mempertimbangkan aspek legalitas, prosedur substansi.

Suami dari Wantini ini menuturkan, niat tulus memberikan sumbangan bagi warga untuk memelihara dan merawat demokrasi di Kota Wali, menjadi penyemangat dalam menjalankan tugas. Jadi, sesulit apapun tantangannya menjadi mudah apabila didasari dengan niat. (*)

Leave a Comment