DSCF7933Meski hujan mengguyur Kota Wali hamper setiap hari sepanjang Bulan Januari ini, namun tak menghalangi KPU Kabupaten Demak dalam melaksanakan tahapan-tahapan pemilu. Pada kegiatan sosialisasi misalnya, agenda kegiatan tersebut terus saja digencarkan.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Pemantauan dan Hubungan Antar Lembaga KPU Kabupaten Demak, Hastin Atas Asih, SE menyampaikan, sosialisasi penting dilaksanakan untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat sehingga mereka sadar dan bersedia menggunakan hak pilihnya. Dengan begitu, partisipasi masyarakat akan meningkat. Selain itu, sosialisasi juga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mereka menjadi pemilih cerdas. “Mengingat pentingnya sosialisasi, apapun kondisinya kegiatan kita laksanakan. Apalagi, agenda Pemilu Legislatif 2014 tinggal 78 hari,” tuturnya.

Hastin menyampaikan, jenis kegiatan sosialisasi pemilu yang dilaksanakan  adalah sosialisasi tatap muka dan non tatap muka. Untuk sosialisasi tatap muka, kegiatan yang dilakukan antara lain pertemuan forum temu warga, sosialisasi kepada pemilih pemula, mahasiswa, ormas, organisasi pemuda, organisasi wanita, dll. Sedangkan sosialisasi non tatap muka kegiatan yang dilaksanakan antara lain, pembuatan press release untuk media, penyampaian informasi pemilu melalui media elektronik dan media social serta pemasangan spanduk.

Tak hanya itu, lanjut Hastin, KPU Kabupaten Demak juga mengkoordinir relawan demokrasi (relasi) yang bertugas menggerakkan masyarakat agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana dan penuh tanggungjawab. “Relawan demokrasi adalah mitra kami dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih. Harapannya, para relasi tersebut akan menjadi pelopor demokrasi dalam komunitas-komunitas tertentu, meliputi komunitas perempuan, keagaman, pemula, difable dan marginal,” jelasnya.

Hastin menambahkan, dalam menjalankan tugasnya, relasi melaksanakan sosialisasi, dengan beberapa alternative kegiatan. Diantaranya, mengintegrasikan sosialisasi pemilu 2014 dengan kegiatan komunitas tertentu, melakukan pendekatan kepada pimpinan kelompok sasaran yang selanjutnya sosialisasi dilaksanakan oleh pimpinan kelompok tersebut di komunitasnya, serta menyebarkan informasi melalui media sosialisasi. (*)

Leave a Comment