Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Demak Sosialisasi Keliling

alun

Ajakan untuk menggunakan hak pilih pada Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD yang dilaksanakan Hari Rabu Pon Tanggal 9 April 2014 terus saja terdengar dari sebuah mobil ford warna biru. Mobil yang dihias gambar parpol peserta pemilu, calon anggota DPD dan memuat Si Kotak Suara (Si Kora) itu, sedari dua hari lalu berkeliling melewati hamper seluruh ruas jalan kabupaten serta jalan-jalan desa di Kabupaten Demak. Ya, mobil ford itu adalah milik KPU Kabupaten Demak yang digunakan untuk sosialisasi keliling atau woro-woro kepada masyarakat.

Divisi Sosialisasi, Hubungan Antar Lembaga dan Pemantauan, Hastin Atas Asih, SE menyampaikan, kegiatan sosialisasi keliling dilaksanakan selama empat hari berturut-turut. Cakupan wilayahnya adalah semua daerah pemilihan di Kabupaten Demak. “KPU Demak melaksanakan kegiatan ini mulai tanggal 5 hingga 7 April ke semua dapil. Kemudian pada H-1 atau tanggal 8 diperkuat oleh sosialisasi keliling yang dilaksanakan PPK dan relawan demokrasi di wilayah masing-masing,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Hastin, komisioner maupun secretariat yang bertugas sesekali turun di tempat keramaian seperti pasar untuk membagiakan stiker. Juga memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait penandaan suara sah dan tidak sah.

Hastin menambahkan, kegiatan tersebut diharapkan dapat mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS pada tanggal 9 April 2014, jam 07.00 sampai 13.00 WIB. Selain itu, masyarakat juga diharapkan tergerak hatinya untuk menjadi pemilih cerdas, berfikir rasional dan tidak tergiur oleh iming-iming politik. “Dengan mengetahui penandaan suara sah dan tidak sah kita harapkan dapat meminimalisir kesalahan pemilih ketika melakukan pencoblosan yang bisa mengakibatkan suara tidak sah,” jelasnya. (*)