UNTUK mengantipasi terjadinya gugatan ke Pengadilan Negeri (PN) maupun Mahkamah Konstitusi (MK) oleh pasangan calon (paslon) bupati dan wakil pada pemilukada 2011, Rabu (26/5) lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak melakukan silaturahmi ngangsu kaweruh kepada KPU ‘bermasalah’ Kota Semarang, Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta dan Kabupaten Rembang.
Di Semarang, komisioner dan sekerariat KPU Demak mendapatkan penjelasan tentang mekanisme penyerahan surat dukungan paslon perseorangan, di Boyolali tentang sosialisasi peraturan perundang-undangan, di Surakarta tentang managemen konflik, dan di Rembang tentang gerak cepat dan pemberdayakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terkait dengan pemilukada ulang.
“Kita harus mengambil keputusan cepat berkait dengan pemilu ulang agar tidak merubah tahapan pemilu bupati-wakil bupati di sini”, papar Muhammad Affan SE, Ketua KPU Kabupaten Rembang dalam penjelasannya.
Dituturkan oleh Ketua KPU Kabupaten Demak Machmud Suwandi, bahwa Pemilu Bupati-Wakil Bupati Demak akan digelar sekitar bulan Maret 2011, dengan tahapan persiapan akan dimulai dilaksanakan pada September 2010 mendatang. 33 partai politik peserta pemilu 2009 di Kota Wali ini, baik yang memperoleh kursi maupun tidak, memperoleh kesempatan sama untuk dapat mengajukan pasangan calon bupati-wakil bupatinya, secara sendirian ataupun dengan cara bergabung.
Pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati yang dapat mendaftarkan diri, sekurang-kurangnya memiliki 8 kursi DPRD atau telah memperoleh 15% dari suara sah pada pemilu 2009 lalu. Sedangkan paslon perseorangan, disyaratkan adanya dukungan pemilih sebanyak 3% (tiga prosen) dari jumlah penduduk Demak, yang sekarang ini sudah mencapai 1 (satu) juta jiwa lebih. Persyaratan lain sesuai peraturan dan perundangan yang telah dibakukan dalam peraturan-perundangan kepemilukadaan yang berlaku. (mac)

2 Thoughts to “Ngangsu kaweruh pada KPU ‘bermasalah’”

  1. Puji Utomo

    tanggalkan selaksa keraguan/kegamangan. asal berpegang pada regulasi [asal tak mudah ‘disituasikan’], pasti Pilkada Demak bisa lebih baik. Amin…

    1. kpudemak

      Terima kasih atas dorongan semangatnya. Mudah-mudahan KPU Demak dapat menjalankan amanat rakyat sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.

      Machmud – Demak

Leave a Comment