KPU Demak Kantongi Penghargaan

Demak, kpudemakkab.go.id – KPU Kabupaten Demak berhasil mengantongi penghargaan dari KPU Propinsi Jawa Tengah pada kategori Transparansi Informasi Pemilu. Penghargaan itu diserahkan Ketua KPU Jateng, Drs. Djoko Purnomo, tadi pagi (22/12) di Aula KPU Provinsi Jateng. Acara dihadiri Forkompinda Jateng, Rektor Universitas di Semarang, beberapa Pimpinan Media serta seluruh komisioner KPU kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Plt Ketua KPU Demak, Jessi Tri Joeni, S.Tr, MM menyampaikan, penghargan tersebut diperoleh karena KPU Kabupaten Demak dinilai memenuhi beberapa indicator yang dipersyaratkan dalam penilaian. Diantaranya, memiliki media online/website, pemutakhiran isi website, mengunggah DCT/DCS, mengunggah hasil rekapitulasi serta pelayanan terhadap permintaan informasi.

“KPU Demak memiliki media online berupa blog dengan alamat kpudemak.wordpress.com. Media online ini memberikan informasi bagi pemilih terkait penyelenggaraan pemilu oleh KPU Kabupaten Demak. Dari informasi yang kami sajikan masyarakat dapat melakukan pengawasan sehingga diharapkan dapat meminimalisir kekurangan serta potensi pelanggaran pemilu,” jelasnya.

Jessi menambahkan, pemutakhiran blog juga dilaksanakan setiap saat. Seperti dengan menyajikan berita terkait pelaksanaan kegiatan-kegiatan selama tahapan berlangsung. Penyelenggaraan pemilu berbasis transparansi informasi juga diwujudkan dalam pelayanan  prima terhadap permintaan informasi. “PPID sebagai corong informasi dan desk informasi di lembaga kami senantiasa memenuhi setiap permintaan informasi baik secara langsung maupun tidak langsung dari masyarakat, instansi lintas sektoral, peserta pemilu, serta stakeholder sepanjang informasi  yang diminta tidak terkategori informasi yang dikecualikan. Dalam melaksanakan tugas, kami senantiasa berpedoman pada UU NO 14 tahun 2012 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” tukasnya.

Sementara itu, selain penghargaan transparansi informasi pemilu, penghargaan lain yang diberikan KPU Provinsi Jawa Tengah adalah kategori kreasi sosialisasi dan partisipasi pemilih,  daftar pemilih berkualitas, penyelenggaraan pemilu berintegritas, iklan layanan masyarakat kreatif dan pemilu akses. (*)