Rakor KPU Dengan Camat

Rakor KPU Dengan Camat

DSC00049

Demak, kpudemakkab.go.id – DSC00049KPU Kabupaten Demak melaksanakan rapat koordinasi dengan camat se-Kabupaten Demak terkait pembentukan PPK dan PPS Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak 2015. Rapat dipimpin Asisten I Sekda bertempat Ruang Rapat Staf Ahli Bupati, tadi pagi (23/4).

Ketua KPU Demak, Mahmudi, S.Ag. M.Fil.I, menyampaikan, dalam pembentukan badan penyelenggara ad hoc pihaknya minta fasilitasi dari kecamatan. Pasalnya saat ini pihaknya tidak memiliki kepanjangan tangan di tingkat kecamatan maupun desa. Beberapa hal yang dapat difasilitasi antara lain : mengumumkan pengumuman pendaftaran PPK di papan pengumuman kecamatan, menyampaikan surat kepada kepala desa/kelurahan untuk mengumumkan pengumuman pendaftaran PPS, mengusulkan calon PPS (minimal 6 orang) dan menerima berkas pendaftaran PPS. Selain itu,  menyediakan kantor secretariat PPK dan menyediakan 3 orang sekretariat PPK.

“Untuk syarat sekretariat PPK meliputi : tidak pernah dijatuhi sanksi disiplin pegawai, independen dan tidak berpihak, sehat jasmani dan rohani dan mempunyai pangkat dan golongan paling rendah IIb,” terangnya.

Sementara itu, Asisten I Sekda, AN Wahyudi menanyakan kesiapan para camat dalam memfasilitasi pembentukan badan penyelenggara ad hoc tersebut. Para camat pun menyampaikan kesiapannya. Wahyudi meminta koordinasi yang baik antara pemkab, pemerintah kecamatan dapat terbangun dengan baik, sehingga penyelenggaraan pilbup  Demak 9 Desember 2015 dapat berjalan dengan lancar dan sukses. (*)