KPU KEBUT DRAFF KEPUTUSAN PENYELENGGARAAN PILBUP DEMAK

SETELAH merampungkan pembuatan rancangan tahapan dan anggaran Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Demak 2011, selama dua bulan terakhir ini hingga Juli 2010 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak disibukkan dengan kegiatan pembuatan draff keputusan-keputusan terkait dengan penyelenggaraan pemilihan bupati-wakil bupati periode 2011-2016.

Draff keputusan KPU Kabupaten Demak tersebut, meliputi; pembentukan dan tata kerja PPK/PPS/PPDP dan KPPS, pedoman teknis pemutakhiran data pemilih, pencalonan bupati dan wakil bupati, sosialisasi dan tatacara kampanye pemilu bupati dan wakil bupati.

Anggota KPU Kabupaten Demak Divisi Hukum dan Pengawasan Moh. Asroni, SH selaku koordinator pembahasan draff keputusan, menyatakan keputusan-keputusan tentang penyelenggaraan Pemilu Bupati-Wakil Bupati Demak 2011 mencapai 33 buah. Masing-masing keputusan berisi 25-75 halaman keputusan dan lampiran-lampirannya, termasuk contoh lembar blangko dan formulir-formulir yang digunakan dalam penyelenggaraan pemilu tersebut.

“Masing-masing keputusan kami targetkan dua hari rampung, kemudian kami konsultasikan kepada KPU Provinsi sehingga pada saat pleno keputusan nanti semuanya berjalan lancar.”, tutur Asroni.

Agenda pemerintah, Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Demak Tahun 2011 harus sudah terselenggara dua bulan sebelum berakhirnya Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati-Wakil Bupati Demak 2006-2011 yang jatuh pada awal Mei. Maka coblosan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Demak 2011 dijadwalkan tanggal 6 Maret. Untuk pelaksanaan coblosan pada hari Minggu Pon tersebut, KPU harus merencanakan persiapan dan tahapan-tahapannya tujuh bulan sebelumnya.

Diakui oleh Ketua KPU Kabupaten Demak Machmud Suwandi, S.Ag, MH, bahwa penyusunan draff keputusan-keputusan penyelenggaraan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Demak tahun 2011 ini berkesan mengebut, karena selama ini pihaknya masih menunggu regulasi undang-undang dan atau peraturan-peraturan pemilukada terbaru.

“Sebenarnya persiapan telah kami dilakukan jauh-jauh hari, dengan selalu mengikuti perkembangan KPU-KPU lain yang sedang menyelenggarakan pemilukadanya. Namun secara intensif pembahasan draff keputusan, baru dilakukan dua bulan menjelang persiapan tahapan.”, jelas Machmud.

Secara garis besar, tahapan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Demak tahun 2011 tersebut dimulai Juli dengan penyusunan rancangan keputusan-keputusan, dan Agustus dengan pembentukan PPK dan PPS, kemudian September dilakukan pemutakhiran data pemilih.

Pengumuman pendaftaran bakal calon perseorangan pada Oktober, dan pendaftaran bakal pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Demak 2011-2016 dilakukan Desember. Berikutnya kampanye paslon akhir Januari hingga pertengahan Februari 2011, dan pemungutan suara dengan cara mencoblos dilaksanakan 6 Maret. (mac)