KPU Demak Gencarkan KPU Mengajar

Kpu mengajarkpudemakkab.go.id– KPU Kabupaten Demak gencar melaksanakan kegiatan KPU Mangajar. Kegiatan yang bertujuan memberikan pendidikan pemilih tentang demokrasi dan kepemiluan ini sudah dilaksananakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada Masa Pengenalan Sekolah di Lima sekolah sebanyak 6 sesi pengajaran. Kemudian tahap kedua dilaksanakan di Dua belas  sekolah dengan 22 sesi pengajaran.

Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Demak, Hastin Atas Asih, S.E. menyampaikan, untuk tahap pertama dan kedua, KPU mengajar membidik pada segmentasi pra pemilih dan pemilih pemula. Segmen ini dipilih karena mereka dinilai memiliki rasa antusiasme yang tinggi untuk menyerap berbagai informasi. Selain itu, diusia ini para siswa juga memiliki kecenderungan lebih rasional karena belum terpengaruh pragmatisme dan tentunya punya keinginan untuk melakukan perubahan.

Hastin menambahkan, selain pra pemilih dan pemilih pemula, segmen berikutnya yang akan dibidik adalah mahasiswa dan para santri di pondok pesantren. “Nanti kita juga akan mencoba masuk di segmen perempuan dan difable,” ujarnya. Hastin juga mengatakan, selain KPUmengajar, penyampaian informasi demokrasi dan kepemiluan juga dilakukan melalui berbagai media. Di Kantor KPU Demak sendiri saat ini sedang dalam  proses  pembentukan Rumah Pintar Pemilu. Meski masih dalam proses, Hastin mempersilakan kepada sekolah – sekolah untuk mengajak siswa-siswinya berkunjung ke KPU Demak. “Di sini, para siswa nanti bias mendapatkan pembelajaran terkait pemilu dan demokrasi. Kami juga menyediakan tempat simulasi pemungutan dan penghitungan suara. Jadi, siswa bisa praktek langsung menjadi pemilih maupun petugas KPPS,” pungkasnya.