KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak, Selasa (13/7) lalu, dicecar pertanyaan-pertanyaan seputar masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan pencalonan pada penyelenggaraan Pemilu Bupati-Wakil Bupati Demak 2011 oleh pimpinan partai politik (parpol) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM), serta organisasi kemasyarakatan (Ormas) setempat. Pertanyaan tersebut dilontarkan semata-mata demi kelancaran dan suksesnya penyelenggaraan pemilu Bupati-Wakil Bupati Demak pada Minggu Pon, tanggal 6 Maret 2011 mendatang.

“Jangan sampai masalah DPT dan pencalonan ini menjadi titik lemah dan menciderai penyelenggaraan Pemilu Bupati-Wakil Bupati Demak 2011 mendatang.’, demikian dilontarkan Staf Ahli Bupati H Ahmad Nur Wahyudi, MH, Ketua DPC Partai Gerindra Drs. M. Khumaidi, Kepala Sekretariat DPC PPP H. Dul Hamid, dan Wakil Ketua MUI Drs H Ahmad Rowi, MH secara bergantian dalam Sosialisasi Infoermasi Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Bupati-Wakil Bupati Demak tahun 2011, di ruang pertemuan kantor KPU setempat.

Selain hal tersebut di atas, juga masalah dasar hukum penyelenggaraan pilbup, netralitas penyelenggara KPU, PPK, PPS, PPDP dan KPPS, serta sosialisasi. Namun semua pertanyaan tersebut dijawab tuntas oleh anggota Komisioner Moh. Asroni, SH, Mahmudi, SAg, MFilI, Ngaijan SE, dan Jessi Tri Joeni, STr, MM, sehingga tidak terdapat setitik pun ganjalan/masalah yang tertinggal di benak para peserta sosialisasi.

Sebagaimana telah diwacanakan, Pemilu Bupati-Wakil Bupati Demak Tahun 2011 akan diselenggarakan pada Minggu Pon tanggal 6 Maret 2011. Tahapan persiapannya akan dimulai pertengahan Agustus dengan pembentuk badan penyelenggara PPK dan PPS, yang dilanjutkan pemutakhiran (pencocokan dan penelitian) data pemilih. Kemudian pencalonannya dilaksanakan pada Oktober – Desember 2010. Dalam rangka untuk memberikan informasi dan kejelasan penyelenggaraan pemilu Bupati-Wakil Bupati Demak tersebut, KPU mengadakan rapat sosialisasi informasi tahabap, program dan jadwal pelaksanaan dengan mengundang stekholder; desk pilkada, DPRD, pimpinan parpol, ormas dan LSM,serta kepala dinas/instansi terkait.

“Pemilu Bupati-Wakil Bupati Demak Tahun 2011 ini adalah gawe masyarakat Demak . Oleh karenanya, marilah kita sukseskan bersama dengan saling mendukung dan mencermati bareng-bareng pelaksanaannya. Pengawasan terhadap penyelenggara dan peserta jangan hanya dibebankan kepada KPU dan Panwaslu atau PPL saja, tetapi oleh kita semua saling mengingatkan dan mengawasi, serta menyosialisasikannya di lingkungan masing-masing’, pinta Machmud Suwandi, Ketua KPU Kabupaten Demak. (mac)

2 Thoughts to “KPU DICECAR MASALAH DPT DAN PENCALONAN”

  1. pak Mah Mud. berita kpu demak saya ikuti terus, tapi berita kurang menggigit.

  2. Machmud

    Terima kasih, pak.
    KPU Kabupaten Demak tidak punya berita-berita yang menggigit, karena memang tidak ada (sasaran) yang akan digigit. Namun sebenarnya, banyak celah-bidang yang bisa digali oleh teman-teman pess daripadanya. Maaf!
    Salam dan hormat kami setinggi-tingginya kepada Bapak. Terima kasih atas atensi dan perhatiannya.
    Wassalam.
    Machmud

Leave a Comment