KPU DEMAK PEROLEH PENGHARGAAN DARI KOMISI INFORMASI

IMG-20161206-WA0036DemakKpuKab. Predikat sebagai Badan Publik Vertikal terbaik dalam pengelolaan tata informasi public berhasil diraih KPU Kabupaten Demak. Predikat tersebut diberikan oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Tengah dalam acara bertajuk Penganugerahan Tata Kelola Informasi Publik kepada PPID SKPD propinsi, PPID kabupaten kota, dan KPU kabupaten/kota. Acara diselenggarakan di Wisma Perdamaian Semarang (6/12). Selain Demak, empat KPU kabupaten lainnya juga memperoleh penghargaan yang sama. Yaitu, KPU Kabupaten Klaten, Banyumas, Kudus dan Sragen.

Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Demak menyampaikan, penganugerahan ini diberikan setelah sebelumnya dilakukan pemeringkatan oleh tim penilai  dari Komisi Informasi Jawa Tengah. Dalam pemeringkatan tersebut dilakukan penilaian terhadap jawaban SAQ yang sebelumnya diberikan oleh KI, pengecekan terhadap media informasi yang dimiliki, kemudian dilakukan pula verifikasi. “Kami mengapresiasi kegiatan ini. Dengan adanya pemeringkatan ini setidaknya kami menjadi tahu sejauh mana penilaian terhadap tata kelola informasi publik yang sudah kami lakukan. Jika ada kekurangan tentu segera diperbaiki, dan jika sudah bagus akan lebih kita tingkatkan,” tuturnya.

Menurut Hastin, menata dan mengelola informasi publik yang baik sudah menjadi kewajiban bagi setiap Badan Publik. Hal ini merupakan salah satu wujud memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Dengan pengelolaan informasi yang baik, masyarakat akan dapat mengakses infromasi dengan mudah, cepat dan akurat. Sedangkan sebagai pelayan publik, Badan Publik pun akan lebih mudah melayani masyarakat karena informasi yang dimiliki sudah tertata dengan baik. (7/12/2016)