KPU DEMAK LAUNCHING “KEDAI PINTAR PEMILU”

jokKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak me-launching kedai pintar pemilu dan sosialisasi Undang- Undang Pemilu kemarin, Selasa (8/8), di halaman Kantor KPU Demak. Kedai merupakan akronim dari Kelana Demokrasi yang di dalamnya berisi semua informasi soal pemilu

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Bupati Demak HM. Natsir, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Edi Suntoro, SE, Kepala Bagian Hukum Moh Ridhodhin, SH. MM, ketua KPU Kabupaten Demak dan Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, dan masyarakat umum.

Dengan diresmikan Kedai Pintar Pemilu diharapkan bisa dijadikan sebagai salah satu sarana sosialisasi kepada masyarakat dan wahana belajar kepemiluan dan demokrasi bagi masyarakat Kabupaten Demak serta menjadi museum mini pemilu dan salah satu destinasi wisata demokrasi dan kepemiluan di Kabupaten Demak yang dapat diakses semua kalangan.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Demak Mahmudi, S.Ag. M. Fil. menyatakan bahwa saat ini Kedai Pintar Pemilu masih perlu dilengkapi. “Kami sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin memberi kontribusi di Kedai Pintar Pemilu. Bahkan kami mengundang masyarakat untuk aktif lewat diskusi rutin ataupun memberikan saran dan kritiknya,” tegas Mahmudi.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Drs. Joko Purnomo didampingi para undangan. Kemudian peserta berbondong-bondong memasuki ruangan yang didesain sebagai tempat belajar pemilu dan demokrasi.

“Di dalamnya terdapat tiga ruang diantaranya, ruang display dan perpustakaan yang berisi berbagai menu informasi tentang pemilu, ruang audio visual dan diskusi di mana pengunjung bisa menyaksikan berbagai video yang berkaitan dengan kegiatan kepemiluan dan ruang simulasi yang disediakan bagi pengunjung untuk melaksanakan simulasi pemungutan suara,” jelas Mahmudi.(CS13)