Usai Dilantik, KPU Bekali PPK

IMG-20171103-WA0022

KPUDemakKab. (2/11/2017) Pasca dilantik tanggal 2 November 2017 jam 10.30 WIB, PPK harus segera menjalankan tugasnya. Tugas pertama yang harus dilakukan adalah melanjutkan tahapan seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 yang sudah dimulai sejak tanggal 12 Oktober 2017. Hal itu disampaikan Ketua KPU Demak, Mahmudi, S.Ag, M.Fil.I, mengawali acara pembekalan kepada PPK terlantik. Kemudian, secara berurutan, materi pembekalan disampaikan oleh Komisioner KPU Demak, Bambang Setya Budi, S.Pd.I, Jessi Tri Joeni, S.Tr, MM, Hastin Atas Asih, SE, dan Sekretaris Murtiningsih, S.Sos.

Pada kesempatan itu, Mahmudi juga meminta kepada seluruh Anggota PPK, untuk menjaga harmonisasi serta kesolidan tim. Karena, untuk mewujudkan tim yang solid, PPK yang bersifat kolektif kolegial harus kompak dan menjalin koordinasi yang baik antar anggota. Tak hanya itu, PPK juga harus mampu menciptakan sinergitas yang baik dengan pihak eksternal dan seluruh elemen masyarakat.

 Komisioner KPU Demak, Hastin Atas Asih menyampaikan materi mekanisme dan tata cara seleksi PPS. Dijelaskan bahwa berdasarkan jadwal, pendaftaran PPS berakhir 3 November 2017. Dia meminta kepada PPK untuk segera berkoordinasi dengan pihak desa, karena sebelum terbentuk PPK berkas pendaftaran  diserahkan ke pihak desa. “Jika sebelum dilantik, seleksi PPS masih dihandle KPU, sekarang tugas tersebut kita delegasikan ke PPK,” terangnya.

Untuk tahapan selanjutnya, tutur Hastin, PPK akan melaksanakan seleksi administrasi pada tanggal 4 hingga 6 Nopember. Kemudian, penetapan hasil seleksi administrasi 6 Nopember. Untuk calon yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi wawancara yang dijadwalkan tanggal 8 hingga 10 Nopember, dan yang lolos akan ditetapkan pada 10 Nopember. “PPS terpilih akan diumumkan tanggal 11 Nopember, dan pelantikannya dijadwalkan tanggal 25-26 Nopember,” jelasnya.

Hastin menambahkan, beberapa hal yang berbeda dalam persyaratan PPS adalah terkait usia minimal PPS. Kalau pada pemilu maupun pemilihan sebelumnya usia minimalnya adalah 25 tahun, untuk PPS Pilgub ini minimal 17 tahun. Persyaratan PPS tersebut mendasar pada UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Hal ini menjadi kabar gembira, karena peluang bagi anak muda untuk berpartisipasi sebagai penyelenggara lebih terbuka.

Dalam persyaratan PPS, juga tertuang syarat belum pernah menjabat 2 kali sebagai PPS. Terkait hal tersebut, dalam surat KPU RI Nomor 643/PP.05.3-SD/01/KPU/X2017 tentang Penjelasan Anggota PPK, PPS dan KPPS belum pernah menjabat dua kali disebutkan bahwa Anggota PPK, PPS dan KPPS yang sudah menjabat 2 kali periode berturut-turut pada jabatan yang sama tidak diperkenankan untuk mendaftar kembali sebag