Menyambut Pesta Demokrasi 2019, KPU Demak adakan Kursus Singkat Kepemiluan

Menyambut Pesta Demokrasi 2019, KPU Demak adakan Kursus Singkat Kepemiluan

KPUDemakKab. Menyambut Pesta Demokrasi 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak adakan progam kursus singkat kepemiluan untuk meningkatkan partisipasi pemilih demi Pemilu yang semakin berkualitas. Acara yang diikuti 100 peserta ini akan dibagi menjadi lima tahapan kursus singkat, dan masing-masing tahapan 20 orang. Kursus pemilu akan berlangsung di Aula kantor KPU Demak selama tiga hari kedepan. Sabtu, 24/11/2018.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Demak Siti Ulfaati mengatakan “peserta kursus singkat kepemiluan akan diberi materi yang berkaitan dengan pemilu 2019, tahapan pemilu, penyelenggara pemilu, dan tentunya materi tentang bagaimana mendorong partisipasi aktif masyarakat terhadap pemilu serentak yang akan berlangsung pada 17 April 2019 nanti.”

Progam ini melibatkan peran serta masyarakat dari perwakilan kecamatan-kecamatan yang ada di kabupaten Demak. “kursus singkat Kepemiluan ini adalah bagian dari upaya kami menyambut pesta demokrasi pemilu 2019 yang berkualitas, sehingga target 77,5 persen partisipasi pemilih pemilu 2019 akan terwujud, Karena partisipasi itu perlu keterlibatan masyarakat secara langsung,” Ujar ulfa.

Selain itu, melalui program kursus singkat ini peserta harus mengetahui apa hak dan kewajibannya dalam pemilu. Sehingga mereka bisa menjadi pemilih yang cerdas dan ikut turun langsung mencerdaskan warga di lingkungan mereka. Dan tentunya Alumni dari Kursus Singkat kepemiluan juga diharapakan untuk ambil bagian sebagai penyelenggara pemilu 2019 dan relawan-relawan Demokrasi.

Semoga Progam Kursus Singkat Kepemiluan ini bisa menjadi kontribusi positif bagi seluruh masyarakat kabupaten Demak dalam menyambut pesta Demokrasi tahun 2019 yang semakin berkualitas. Pungkas ulfa.

Dari sambutan ketua KPU Kabupaten Demak, Bambang setya Budi pada waktu membuka acara program kursus ini menegaskan bahwa jebolan dari peserta kursus singkat kepemiluan ini diharapkan menjadi ujung tombak KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih didaerahnya. Dan juga nantinya bisa menjadi panitia kelompok penyelenggaran pemungutan suara (KPPS) di tempat pemungutan suara (TPS) wilayahnya masing-masing.(csb13)