KPU Kabupaten Demak adakan pelatihan Manajemen Media Center

KPU Kabupaten Demak adakan pelatihan Manajemen Media Center

KPUDemak. Begitu pentingnya keterbukaan informasi publik dalam tahapan Pemilu serentak 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak mengadakan pelatihan teknis Pengelolaan Media Center dan Pelatihan Jurnalistik di Aula KPU, Kamis (6/12/2018).

“Kami berharap kepada para peserta agar bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik mungkin, supaya kedepannya mampu mensosialisasikan semua kegiatan maupun tahapan pemilu yang diadakan oleh KPU lewat media center. Kegiatan yang diikuti oleh staf pegawai KPU dan divisi sosialisasi PPK se Kabupaten Demak ini berlangsung pada tanggal 6 – 7 Desember”. Kata Siti Ulfaati, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

“Para peserta dalam kesempatan itu juga diberi skiil jurnalistik dan simulasi untuk mempraktikkan materi yang telah didapatkan sehingga nantinya bisa langsung mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari pelatihan tersebut, khususnya dalam penguatan pengelolaan  Media Center KPU”. Tambah Ulfa.

Pelatihan ini sangat penting untuk diadakan, mengingat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik di lingkungan KPU.

“KPU adalah salah satu lembaga Negara yang berfungsi memproduksi data dan informasi sehingga KPU bertanggung jawab mengelola data dan informasi serta menyampaikannya secara transparan”. Hal itu disampaikan Bambang Setya Budi dalam sambutannya. Bambang menambahkan bahwa “KPU punya dua informasi yakni informasi publik dan informasi pemilu. Informasi publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim dan atau diterima oleh KPU yang berkaitan dengan KPU dan Penyelenggaraan Pemilu serta informasi lainnya yang berkaitan dengan informasi publik. Sedangkan informasi pemilu adalah informasi yang dihasilkan dalam setiap tahapan penyelenggaraan pemilu sesuai peraturan perundangan.”

Ada 4 Materi yang diberikan dalam Pelatihan tersebut yakni manajemen pengelolaan media center, tehnik pembuatan berita, fotografi dan videografi. Tentunya disertai dengan praktek. Sedangkan Narasumbernya KPU bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Demak.