GELAR SIMULASI PEMUNGUTAN & PENGHITUNGAN SUARA PEMILU 2019, KPU DEMAK ANTISIPASI HAL-HAL YANG MUNGKIN TERJADI SAAT HARI PELAKSANAAN

GELAR SIMULASI PEMUNGUTAN & PENGHITUNGAN SUARA PEMILU 2019, KPU DEMAK ANTISIPASI HAL-HAL YANG MUNGKIN TERJADI SAAT HARI PELAKSANAAN

KPUKab. Dalam rangka mensukseskan Pemilu 2019 KPU Demak menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Balai Desa Menur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Sabtu (9/3/2019).

Pelaksanaan dimulai pukul 07.00 s/d 13.00 WIB kegiatan pemungutan suara dilakukan. Diawali dengan Pengucapan janji Anggota KPPS kemudian anggota KPPS dan PPS bersama-sama dengan saksi dan pengawas TPS membuka kotak surat suara yang sudah ada. Mereka mengeluarkan seluruh alat kelengkapan di kotak surat suara dan memastikan kotak surat suara kosong.

Selanjutnya KPPS menghitung Surat Suara dan Setelah itu, petugas KPPS mulai melayani warga untuk mengikuti simulasi kotak surat suara. Satu persatu warga mulai mengikuti simulasi pemungutan suara di TPS.

Ketua KPU Demak, Bambang Setya Budi mengatakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara bertujuan untuk menggambarkan kondisi riil atau situasi sebenarnya yang akan terjadi pada 17 April 2019 mulai proses pemungutan sampai proses penghitungan suara.

Selain itu, kata dia, kegiatan juga bertujuan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian di lapangan yang nantinya mungkin akan terjadi.

“Hal ini menjadi catatan kami kedepan untuk bekal bimtek bagi PPS, KPPS, PPK,”ucapnya.

Simulasi pemungutan suara dan penghitungan suara dihadiri oleh Desk Pemilu Pemkab Demak, Edi Suntoro, Camat Mranggen Wiwin Edi Widodo, Kabag Ops Polres Demak Kompol Ahmadi, Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) Sekabupaten Demak, Panitia Pemungutan Suara (PPS) sekecamatan Mranggen.