Penataan Arsip Pemilu 2019, KPU Demak Gandeng Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah

Penataan Arsip Pemilu 2019, KPU Demak Gandeng Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah

Kpu Demak. Selasa 17/09/2019, bertempat di Ruang Safira Hotel Amantis KPU Kabupaten Demak bersama dengan seluruh staf Sekretariat mengadakan Rakor dalam rangka Penataan Arsip Pemilu 2019 dengan menggandeng Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah. Dalam kesempatan itu Ketua KPU Kabupaten Demak Bambang Setya Budi menyampaikan arahannya ke peserta Rakor agar mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan mengikutinya dengan penuh tanggung jawab.

Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kepala Bidang Kearsipan Addan Pranoto, SE), memberikan pengantar materi tentang kearsipan dan pentingnya arsip, untuk menyemangati peserta dengan mutiara kata pembuka “Arsip itu barang mati tapi memiliki nilai sejarah, peristiwa dan bukti serta menjadi dokumen berharga” maka perlu diarsipkan.

Penyampaian materi Rapat Koordinasi Pengelolaan Dokumen Pencalonan Anggota DPRD Kabupaten Demak Pemilu Tahun 2019 dengan membedah PKPU 17 Tahun 2016 dan PKPU 13 Tahun 2019 sebagai dasar pengelolaan Dokumen Pencalonan karena PKPU tersebut membahas berkaitan dengan Jadwal Retensi Arsip (JRA) disamping itu pemateri tidak hanya membahas tentang PKPU saja melainkan pengelolaan Arsip sampai dengan pengolahan, jenis arsip, penyimpanan, penyusutan dan pengiriman/pemindahan arsip ke Badan/Lembaga Kearsipan Nasional maupun Daerah, pemateri juga memberikan pemahaman berkaitan kearsipan yang ada di Kantor KPU dengan berpedoman PKPU tersebut, semua diatur didalamnya sehingga peserta langsung dapat mengolahnya sesuai di sub. Bagian masing-masing, hal tersebut disampaikan oleh ibu Mustoriah sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut.

Disamping telah diatur dalam PKPU jikalau masih ada dokumen/hal-hal yang belum tercover dalam PKPU tersebut dapat dikoordinasikan dengan tim penilai kearsipan dan yang paling mendasar disesuaikan pada data kemiripan data dimaksud.(13)