KPU Demak, Senin 28 Oktober 2019, KPU Kabupaten Demak lakukan Fasilitasi Audiensi Kedai Pintar Pemilu di SMAN 1 Karanganyar Demak dengan 60 peserta dari Siswa Siswi kelas XII.

Fasilitasi ini dilakukan sebagai upaya pengenalan Kedai Pintar Pemilu kepada masyarakat khususnya Pemilih Pemula. Dalam kesempatan tersebut Siti Ulfaati selaku Komisioner KPU Kabupaten Demak bidang sosdiklih memaparkan bahwa salah satu tujuan dibentuknya Kedai Pintar Pemilu adalah sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan inspirasi bagi masyarakat terhadap pentingnya Pemilu dan Demokrasi sehingga masyarakat menjadi cerdas dan sadar akan hak dan kewajibannya sehingga berpartisipasi aktif sebagai pemilih dan peduli dalam aktifitas politik.

Kelana Demokrasi dan Pemilu adalah nama lain dari Kedai Pintar Pemilu yg dimiliki KPU Kabupaten Demak, yang dikemas dengan memanfaatkan ruang sebagai pusat informasi, dokumentasi dan edukasi tentang kepemiluan bagi masyarakata Kabupaten Demak.

Kedai Pintar sendiri memiliki 4 ruangan yang disipkan untuk pengunjung. Pertama, Ruang Audio Visual yang digunakan untuk pemutaran film-filn kepemiluan dan dokumentasi program kegiatan kepemiluan. Kedua, Ruang Display/Pameran yaitu ruang untuk menampilkan materi-materi kepemiluan dan demokrasi. Ketiga, ruang simulasi pemilihan adalah ruangan untuk melakukan simulasi proses kepemiluan dan keempat adalah ruang diskusi yang merupakan ruangan untuk melakukan diskusi/ audiensi/workshop/ seminar/ FGD para pegiat komunitas Pemilu atau Demokrasi.

“Kedai Pintar Pemilu yang diresmikan pada tanggal 8 Agustus 2017 oleh Bupati Demak Bapak H.M. Natsir itu memiliki 4 ruangan yang bisa dimanfaat untuk melayani Audiens yang berkunjung. Bioskop dan musiumnya KPU itu ya Kedai Pintar”. Kata ulfa

Ulfa mengajak siswa siwi SMAN 1 Karanganyar berkunjung ke Kedai Pintar milik KPU Kabupaten Demak untuk memperluas informasi dan agar semakin cerdas dalam berdemokrasi.
“Kami siap melayani kunjungan teman- teman dari manapun selama jam berkunjung masih ada. Disana kami sudah menyiapkan berbagai hal baik dari ruangan, materi, ice breaking dan door prise.” Tegasnya.

Salah satu siswa XII SMAN 1 Karanganyar yang bernama Hakim, sangat mengapresiasi dan berterimakasih dengan kegitan KPU ini. “Kami senang dengan kunjungan KPU ke sekolah kami, dari sini kami bisa belajar demokrasi dan pemilu. Selama ini kami menganggap pemilu itu adalah sesuatu yang berat. Tapi ternyata KPU bisa menyampaikan materi kepemikuan dengan cara yang berbeda sehingga membuat kami tertarik untuk mempelajarinya”.