KPUDemak. Dalam upaya menggencarkan gerakan sadar Demokrasi dan meningkatkan partisipasi pemilih di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Demak tanun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak meluncurkan tagline “Tinta Ungu Kanggo Demak Maju”,  Siti Ulfaati Komisioner KPU Demak Devisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat mengatakan tagline ini diharapkan dapat mewakili visi yang ingin dicapai KPU di Pilbup Kabupaten Demak.

“Kami memilih tagline ‘Tinta Ungu kanggo Demak Maju’ secara filosofi, Tinta Ungu identik dengan Tinta Pemilihan atau Pesta Demokrasi di Indonesia. Seusai mencoblos atau menggunakan hak pilihnya, pemilih akan mencelupkan jarinya kebotol tinta warna ungu yang menandai bahwa dia telah menggunakan hak pilihnya dan pemilih tersebut tidak bisa menggunakan hak pilihnya lagi ditempat pemungutan suara (TPS) lainnya. Metode celup tinta ungu ini mulai diberlakukan di Indonesia pada tahun 1995 sampai dengan sekarang”kata Ulfa.

Tag Line Tinta Ungu Kanggo Demak Maju merupakan harapan besar terhadap hasil dari proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak Tahun 2020 untuk Pemimpin yang terpilih dari pesta rakyat nanti bisa membawa Kabupaten Demak lebih maju lagi, maju artinya sebuah daerah tersebut dapat tumbuh dan  berkembang dengan baik..

Selain itu melalui Tagline ini masyarakat Kabupaten Demak diharapkan akan mudah mengingat bahwa Rabu Pahing, tanggal 23 September 2020 mendatang Demak akan memiliki hajatan besar yakni Pemilihan Bupati dan Wakil Demak. Sehingga sedini mungkin masyarakat akan mulai mencari informasi terkait tahapan Pilbub dan juga tentang siapa yang pantas menjadi Pemimpin Demak di masa mendatang. Ini menjadi salah satu upaya KPU Kabupaten Demak menggandeng masyarakat sebagai agent of socialization tentunya menjadi Pemilih cerdas pula. Sehingga tingkat partipasi Pemilih di Pilbub Demak baik secara kuantitas maupun kualitas bisa terpenuhi

“Melalui tagline ini, kami berharap masyarakat akan lebih mudah mengingat sehingga mereka akan tergerak mencari informasi terkait Pilbub Demak. Kami optimis tingkat partisipasi pemilih akan sesuai dengan target Nasional. Sosialisi masif akan kami gencarkan baik secara langsung, lewat media sosial ataupun media massa”. Tambah Ulfa di kantor KPU Kabupaten Demak, Jl. Kyai Turmudzi No.1 Bintoro, Demak. Kamis, 14/11/2020