SOSIALISASI TAHAPAN PENCALONAN PERSEORANGAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI DEMAK TAHUN 2020

KPUDEMAK . Senin (16/12/2019) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Tahapan Dan Persyaratan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak Tahun 2020 di Reinz Cafe & Resto yang terletak di Perum Bintoro Asri, Desa Jogoloyo,Kec.Wonosalam.

Acara yang dibuka oleh Anggota KPU Kabupaten Demak Divisi Hukum dan Pengawasan Hastin Atas Asih tersebut dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, pengurus organisasi massa, pengurus organisasi kepemudaan, Organisasi Perempuan (Koalisi Perempuan Politik, GOW, Muslimat NU, dll), Koordinator MGMP PKn Kabupaten Demak dan awak media yang ada di Kabupaten Demak.

Dalam sambutannya Hastin menyampaikan bahwa sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan pemahaman bagi masyarakat di Kabupaten Demak untuk bisa turut andil di Pilbup Demak 2020 sebagai calon perseorangan.

“KPU siap melayani masyarakat Kabupaten Demak yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon perseorangan. Sosialisani ini sudah kita mulai dengan bedah Undang-Undng Pilkada, melalui iklan di Media cetak, website dan Media Online yang dimiliki KPU Kabupaten Demak “. Kata hastin

Hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut Dra. Putnawati, M.Si. Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Teknis Penyelenggaraan, dengan moderator Abdul Latif, SE. Komisioner KPU Kab. Demak Divisi Teknis Penyelenggaraan.

Dalam paparannya, Puput panggilan akrab Putnawati meyampaikan berkenaan dengan syarat dukungan paling sedikit dan wilayah sebarannya, syarat calon perseorangan, tahapan tahapan pencalonan bakal pasangan calon perseorangan.

Selain itu dijelaskan sepintas tentang syarat input syarat dukungan dalam Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) Paslon Perseorangan Pilbup Demak 2020.

“Berbeda dengan pilkada serentak 2015, pada pesta demokrasi mendatang bagi bakal calon perseorangan tidak hanya butuh berkas dukungan, namun harus dibuktikan dengan Sistem Aplikasi Pencalonan (SILON).

“Salah satu syarat minimal dukungan calon perseorangan adalah mengumpulkan berkas dukungan minimal sebanyak 65.801 yang tersebar lebih di delapan kecamatan”. Tegas Putnawati.

“Syarat dukungan harus disampaikan ke KPU Kabupaten Demak mulai tanggal 19 sampi 23 Februari 2020 dan data tersebut harus cocok dengan data yang ada dalam SILON karena walaupun syarat dukungan memenuhi jumlah minimal, namun data SILON tidak sesuai, maka bakal calon perseorang tersebut dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat atau (TMS),” imbuh Putnawati

Mungkin Anda juga menyukai