KPU DEMAK LAKUKAN PERJANJIAN KINERJA TAHUN 2020

KPUDEMAK. Senin, 06 Januari 2020 KPU Kabupaten Demak melangsungkan Penandatangan Perjanjian Kinerja Tahun 2020 di aula KPU Kabuten Demak yang dihadiri oleh seluruh Komisioner, Sekretaris, Kasubbag , Staf di lingkungan KPU Kabupaten Demak dan disaksikan oleh Yulianto selaku Kabag Tapem Setda Kabupaten Demak.

Perjanjian Kinerja ini merupakan langkah awal penggunaan anggaran dan wajib dilakukan. Hal tersebut sesuai dengan Peratura Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2014 tentang petunjuk teknis perjanjian kinerja, pelaporan kinerja dan tata cara reviu atas laporan kinerja instansi pemerintah.

Perjanjian Kinerja adalah lembar/dokumen yang berisikan penugasan dari pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada pimpinan instansi dibawahnya untuk melaksanakan program/ kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja. Sehingga terwujud komitmen penerima amanah dan kesepakatan antara penerima dan pemberi amanah berdasarkan tugas, fungsi dan wewenang serta sumber daya yang tersedia.

Acara yang dibuka langsung oleh ketua KPU Kabupaten Demak Bambang Setya Budi ini merupakan tindak lanjut atas pengelolaan Uang Negara yang di terima KPU Kabupaten Demak baik yang bersumber dari APBN sebesar 2.924.298.000 (Dua Milyar Sembilan Ratus Dua Puluh Empat Juta Dua Ratus Sembilan Puluh Delapan Ribu Rupiah) maupun dari APBD untuk Pemilihan Bupati dan Wakil bupati Demak Tahun 2020 sebesar 29.006.020.000 (Dua Puluh Sembilan Milyar Enam Juta Dua Puluh Ribu Rupiah). Dalam sambutannya Bambang menyampaikan bahwa perjanjian kinerja ini merupakan sarana dan komitmen KPU Kabupaten Demak dalam menjalankan tata kelola keuangan dengan baik dari proses perencanaan, pengelolaan, manajemen bahkan KPU siap dievaluasi oleh masyarakat sehingga proses tahapan berjalan sesuai dengan regulasi yang ada.

Penandatanganan Perjanjian kinerja ini dilakukan antara Ketua KPU Kabupaten Demak Bambang Setya Budi selaku pihak pertama dengan Sekretaris KPU Kabupaten Demak Ahmad Zakki selaku pihak kedua. Yang inti dari perjanjian tersebut adalah mewujudkan manajemen pemerintahan yang efektif, transparan dan akuntabel serta berorientasi pada hasil sehingga nantinya mampu mencapai target kinerja sesuai dengan yang direncanakan. Ketua KPU Kabupaten Demak akan melakukan evaluasi terhadap capaian kinerja dari perjanjian ini dan tentunya akan mengambil kebijakan atau tindakan dalam rangka memberikan apresiasi atau sanksi.

Selain antara Sekretaris dengan Ketua KPU Kabupaten Demak, penandatanganan Perjanjian Kinerja ini juga dilakukan antara Sekretaris dan Para Kasubbag. Mengingat Kasubbag adalah orang yang bertanggung jawab terhadap capaian kinerja tahun 2020 di masing-masing Sub Bagiannya. Perjanjian Kinerja ini juga menjadi tolak ukur capaian kinerja tahun 2020.

Mungkin Anda juga menyukai