UNTUK memberikan motivasi kepada penyelenggara, peserta dan pemilih pada penyelenggaraan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Demak Tahun 2011, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak, Kamis (12/8) mengenalkan gambar mascot kepada peserta rapat koordinasi (rakor) Sekda-Camat dan KPU di kantor KPU setempat.

Maskot yang diberina nama Ki Citra Delima, singkatan dari Kita Cintai Tradisi yang Demokratis dan Legitimate tersebut berujud sosok demang, yang terdiri dua buah belimbing dan jambu, yang mengenakan belangkon dan selop warna wulung (hitam-coklat kebiru-biruan) sedang memegang kertas dan alat pencoblos.

Belimbing dan jambu merupakan ikon Kabupaten Demak, buah segar yang dirintis/dibudidayakan sejak jaman kewalian dan masa kini. Rasa dan aroma buah ini sangat spesifik dan tidak ada duanya di tempat lain. Dua buah belimbing, mengandung makna duet kepemimpinan ulama – umara yang telah digagas sejak Kasultanan Demak Bintoro ini. Sedangkan belangkon dan selop merupakan bagian dari busana tradisional Jawa, dengan suata harapan pemerintahan di Kabupaten Demak ini selalu melestarikan budaya leluhur yang agung.

Sedangkan kedua tangan maskot memegangkertas berlogo KPU dan alat pencoblos, dimaksudkan sebagai penggambaran dari kegiatan pemilukada, yang menggunakan surat suara dengan cara dicoblos dalam penandaan pilihannya. Sedangkan kalimat Pilbup Demak 2011, maskot ini digunakan untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Demak pada Tahun 2011. (mac)

Arti/makna mascot

6 Thoughts to “KI CITRA DELIMA, mascot Pilbup Demak”

  1. Machmud

    Gong belum ditabuh. Wajar jika belum bergaung. 15 Agustus 2010 baru tahap pempentukan PPK/PPS. Sedangkan paslon perseorangan baru dilakukan verifikasi faktual Oktober mendatang. Adapun pendaftaran paslon (baik perseorangan maupun usulan parpol) baru akhir Desember. Jadi, wajar jika sekarang belum kelihatan grengsengnya. Apalagi sedang hadapi Lebaran Fitri, para paslon masih asyik mengumpulkan pahala di bulan yang penuh berkah, rahmah dan maghfirah ini. Harap maklum.
    Machmud – Demak

    1. sujud

      moga nanti yang maju orang2 yang punya kualitas ndak seperti yang di TV banyak yang ngak punya kompentensi tuk mimpin pa jadinya nanti kalo seperti itu,,,,,,,,,,,,,,, gak isa banyangi aq

  2. Good,,,saya salut dan memberikan apresiasi kepada pimpinan KPU Demak yang telah menelorkan karya, ide dan kreasi maskot pemilukada 2011, semoga sukses dan berhasil guna sesuai dengan arti maskot terserbut,.

    1. machmud

      Sangat berharap dapat memotivasi penyelenggara, peserta dan pemilih untuk menyuksskan pesta demokrasi daerah lima tahunan.
      Machmud – Demak

  3. machmud

    Peraturan perundangannya menyebutkan seperti itu. Alasan sebenarnya, yang tahu adalah DPR si pembuat undang-undang tersebut. Maaf.
    Machmud – Demak

  4. Komandan Hijau

    Kekuatan dan kecintaan yang mampu mengawal DELIMA (demokratis dan legitimate) dalam pemilu kada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2011, sebagai kholifah dimuka bumi ini kita selalu berpegang teguh pada kaidah kebenaran bukan kepentingan, sukses dan kerja boos.!

Leave a Comment