KI CITRA DELIMA, mascot Pilbup Demak

UNTUK memberikan motivasi kepada penyelenggara, peserta dan pemilih pada penyelenggaraan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Demak Tahun 2011, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak, Kamis (12/8) mengenalkan gambar mascot kepada peserta rapat koordinasi (rakor) Sekda-Camat dan KPU di kantor KPU setempat.

Maskot yang diberina nama Ki Citra Delima, singkatan dari Kita Cintai Tradisi yang Demokratis dan Legitimate tersebut berujud sosok demang, yang terdiri dua buah belimbing dan jambu, yang mengenakan belangkon dan selop warna wulung (hitam-coklat kebiru-biruan) sedang memegang kertas dan alat pencoblos.

Belimbing dan jambu merupakan ikon Kabupaten Demak, buah segar yang dirintis/dibudidayakan sejak jaman kewalian dan masa kini. Rasa dan aroma buah ini sangat spesifik dan tidak ada duanya di tempat lain. Dua buah belimbing, mengandung makna duet kepemimpinan ulama – umara yang telah digagas sejak Kasultanan Demak Bintoro ini. Sedangkan belangkon dan selop merupakan bagian dari busana tradisional Jawa, dengan suata harapan pemerintahan di Kabupaten Demak ini selalu melestarikan budaya leluhur yang agung.

Sedangkan kedua tangan maskot memegangkertas berlogo KPU dan alat pencoblos, dimaksudkan sebagai penggambaran dari kegiatan pemilukada, yang menggunakan surat suara dengan cara dicoblos dalam penandaan pilihannya. Sedangkan kalimat Pilbup Demak 2011, maskot ini digunakan untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Demak pada Tahun 2011. (mac)

Arti/makna mascot

Mungkin Anda juga menyukai